Pages

Sabtu, 23 Januari 2010

Oldboy

Suguhan Penuh Teka Teki dan Emosi


Sutradara : Park Chan Wook
Pemain : Choi Min Sik, Yu Ji Tae, Kang Hye Jeong
Tagline : Laugh and the world laughs with you; weep, and you weep alone

Film ini adalah sejujurnya adalah film yang saya cari selama ini, dan akhirnya ketemu ketika saya mengakses situs Indowebster (Terimakasih untuk Aldehida yang mau memberikan Link download film ini), pertama kali tahu film ini karena waktu itu saya menemukan info bahwa film ini adalah film terbaik di negeri ginseng sampai sekarang. Bahkan film ini pun tahun depan isunya akan di remake oleh Steven Spielberg. Hampir dua tahun saya cari film ini, karena film ini terhitung sangatlah langka.

Menceritakan tentang Oh Daesu (Choi Min Sik) yang di culik dan di sekap selama 15 tahun di sebuah ruangan yang dibuat seperti kamar hotel, hanya saja tidak ada sinar matahari masuk, dan hanya di sediakan televisi. Setiap malam gas tidur masuk di kamarnya. Selama 15 tahun, istrinya telah di bunuh, dan Oh Daesu dituduh sebagai pelaku. Hingga akhirnya dia tiba - tiba di bebaskan dengan ingatan yang hilang. Di pikirannya hanya ada niat balas dendam dan kenapa dia disekap. Ketika hari kebebasannya ia bertemu dengan Mido (Kang Hye Jeong), waitress warung sushi, yang nantinya menemani Oh Daesu memecahkan masalahnya. di tempat itu ia pingsan. Di tengah pencarian bagian yang hilang, ia bertemu Lee Wo Jin (Yu Ji Tae) yang ternyata tahu akan masalah dia. Dari situlah Oh Daesu terperangkap dalam sebuah permainan yang di ciptakan oleh Lee Wo Jin.

Awal di mulai film sebenarnya agak membingungkan, di adegan itu Oh Daesu tengah mabuk dan di tahan di pos polisi, beberapa ada adegan konyol juga. Yang intinya, adegan itu cuma memberi kita keadaan Oh Daesu sebelum menemui putrinya yang akan ulang tahun. Lalu dengan cepat, adegan berpindah ke masa suram nya Oh Daesu yang terperangkap di sebuah ruangan itu. Bahkan hampir keseluruhan film ini benar - benar membingungkan, dan kita terpaksa harus selalu berpikir untuk menonton film ini.

Akting Choi Min Sik sebagai Oh Daesu memang patut dipuji, dari awal dia memerankan menjadi orang mabuk dan berubah menjadi orang depresi. Belum lagi ketika berubah menjadi monster yang benar - benar menimbun banyak rasa dendam.

Lawan mainnya Yu Ji Tae yang sebagai Lee Woo Jin sangat pantas menjadi orang bengis tapi tetap menunjukkan sikap coolnya. Terlebih ketika menginjak ending peran dia. Luar biasa!

Film yang penuh kesadisan dan aksi seks yang begitu menonjol, menjadikan film ini tidak di rekomendasikan untuk di tonton dalam bentuk VCD original, karena akan banyak sekali adegan yang disensor.

Editing film ini pun sangat detail, hampir tidak ada cela nya. Bahkan penggabungan antara waktu sekarang dan ingatan Oh Daesu pun di buat serapi mungkin, sehingga kita bakal susah membedakan mana itu waktu sekarang dengan waktu ingatan Oh Daesu.

Yang jelas film ini penuh sekali dengan teka teki sehinga film ini benar - benar sangat cerdas. Jika disandingkan, Park Chon Wok setara dengan David Lynch atau Quentin Tarantino dalam mebuat screenplaynya.

Overal Rating L: 9




Tidak ada komentar:

Posting Komentar