Pages

Jumat, 15 Januari 2010

(500) Days of Summer

Saat nya melihat drama cinta dari perspektif lain


Sutradara : Marc Webber
Pemain : Joseph Gordon-Levitt, Zooey Deschannel
Tagline : This is not a love story. This is a story about love.

Hal yang menarik perhatian pertama kali ketika saya mengetahui akan film ini adalah Zooey Deschannel, ya saya adalah penggemar berat dia, semenjak dia bermain di film Yes man dan The New Guy. Pertama kali saya merasa film ini mungkin seperti film - film drama cinta biasanya. Sudah ketebak tokoh utama (baik itu cewek) akan mengencani orang yang dicintainya di ending film tersebut. Dan saya terbahak - bahak ketika mengetahui bahwa film ini tidak menganut hukum itu.

Hal yang menarik juga adalah Tagline filmnya, "This is not a love story. This is a story about love." lalu cerita apa yang mau dibawakan oleh Scott Neustadter dan Michael H. Webber selaku penulis naskah film ini. Itu juga yang membuat saya penasaran. Sang Sutradara pun ternyata dulunya adalah sutradara dari video klip band Green Day berjudul Waiting. Dan film ini adalah debut nya di film panjang setelah sebelumnya dia hanya membuat film pendek berjudul Seascape. Film ini adalah film Indie.

Untuk membahas cerita, film ini menyuguhkan alur yang unik, dari judul 500 hari, tapi tidak mengikuti harinya, melainkan melompat - lompat, film pun dimulai di hari 435, lalu tiba - tiba mundur ke hari 1, lalu maju lagi, dan seterusnya, hingga membuat saya agak kesal juga sama film ini, karena pas masih menikmati adegan kebahagiaan tiba - tiba di lompat dan disuguhi adegan sedih. Paling menarik adalah penempatan endingnya, yang tidak terduga dimana Tom Hansen menemui Autumn, lalu gambar yang biasanya di tampilkan musim panas berubah menjadi musim gugur.

Joseph Gordon-Levitt di film ini bagus sekali penampilannya, dia begitu menghayati perannya sebagai seorang pria yang tengah depresi karena ditinggal oleh si summer (Zooey Deschannel) dan juga emosi dia ketika summer tidak memberikan jawaban pasti mengenai status hubungan dia. Levitt pun juga bisa dengan pintarnya mengubah dari seorang depressi menjadi orang biasa yang sepertinya tidak pernah mengalami masalah berat. Bahkan aku pun larut dengan penampilan dia dan dalam hati memaki maki summer sebagai cewek yang tidak bertanggung jawab. Pantas jika dia di nominasikan sebagai Best Performance by an Actor in a Motion Picture - Musical or Comedy di Golden Globe Awards

Belum lagi jika menilik performa Zooey Deschannel sebagai cewek yang cuek, menyebalkan dan tak punya perasaan. Jujur, ketika dia bermain di film ini saya sampai benci dengan dia. Akting dia begitu natural dan tidak dibuat - buat. Seakan - akan memang sifat asli dia di kehidupan nyata ya seperti itu.

Dalam film ini jujur saya belum menemui kekurangan dari film ini, walaupun saya merasa ada hal yang kurang, cuma saya belum menemukan itu. Setidaknya film ini memang menyuguhkan hal yang menarik hingga membuat anda akan menikmati film ini sampai selesai dan akan terbahak - bahak ketika sampai ending.

Overal Rating : 8 /10

Trivia :
- Awalnya pihak studio menolak dengan adanya dokumentari tentang cinta, tapi setelah di putar untuk pertama kalinya, penonton menyukainya dan pihak studio menarik tuntutannya

Memorable Quotation :
"Look, I know you think she was the one, but I don't. Now, I think you're just remembering the good stuff. Next time you look back, I, uh, I really think you should look again." - Rachel Hansen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar