Pages

Selasa, 19 Januari 2010

Film Pendek

Singkat, Padat dan Jelas


Minggu - minggu lalu, tidak sengaja ketika saya sedang menjelajah situs Youtube. Kutemukan hal yang menarik, yaitu menemukan film pendek asing. Selama ini saya hanya melihat kreativitas film pendek lokal (Biasanya di dominasi orang Jogja). Awalnya saya ragu karena kebanyakan memang film pendek sana tidak ada subtitle, tapi saya mikir lagi, ya percuma dong kuliah di Sastra Inggris. Akhirnya saya pun mulai menjelajah film - film pendek asing.

Ternyata enggak rugi juga ya menonton film - film pendek asing. Malah terkadang ide mereka brilian sekali, walau itu hanya dua menit. Bahkan ada juga yang menggunakan efek walau efek - efeknya murahan sekali, tapi itulah kreativitas mereka.

Seperti dalam film Running dan My Name Lisa yang merupakan satu produk dari Shelton Films. Ke dua film itu sama - sama memiliki kekuatan cerita yang luar biasa di tambah dengan penggunaan musiknya. Dalam film Running, di ceritakan Christine berada di keluarga yang selalu ribut, ia biasa curhat tentang kegelisahannya di rumah dengan Ryan. Sampai suatu hari Christine berniat untuk kabur karena sudah tidak kuat melihat orang tuanya bertengkar terus. Ternyata di waktu yang sama Ibunya sudah memutuskan untuk kabur dari rumahnya meninggalkan Christine yang bingung, harus pergi kah atau tetap tinggal bersama ayahnya? Carlie Nettles dalam film ini sebagai Christine bermain apik sekali, di usianya yang muda, bagaimana dia menjadi anak yang selalu tertekan karena keluarganya dan pada akhirnya ia bingung menghadapi pilihan nya. Musik yang mengiringi film ini pun luarbiasa apiknya. Sesuai sekali dengan atmosfir yang dibawakan Ben Shelton untuk membuat film ini.

Sedangkan dalam film My Name Lisa, lagi - lagi Carlie Nettles bermain apik sebagai anak kecil bernama Lisa yang tidak tahu bahwa ibunya menderita Alzheimer. Sejak awal dimulainya film kita akan merasa simpati, karena mengetahui bahwa ibunya menderita Alzheimer, selama enam menit lebih kita akan merasa simpati dengan Lisa, apalagi ditambah alunan denting piano nya.

Ada juga film pendek dari belanda berjudul Nemesis yang untungnya ada Subtitle nya. Mana paham saya dengan bahasa Belanda. Film yang menceritakan tentang seorang pria yang merasa memiliki kekuatan super, lalu dia membuat iklan untuk mencari siapa yang jadi musuhnya. Sejak awal toh memang kita bakal menebak, paling juga tidak ada unsur superpowernya, tapi begitu sampai ending, anda dijamin akan tertawa terbahak - bahak.

This is the Place, film pendek bernuansa thriller, hanya saja saya tidak akan menceritakan bagaimana ceritanya, karena film ini memiliki ending twist, yang membuat anda terpelongo dan merasa dibodohi.

Ada juga film yang sangat menarik, berjudul Mankind is No Island. Menariknya film ini hanya menggunakan kamera dari handphone. film ini sebenarnya cuma rekaman Jason Van Genderen, ia merekam beberapa tulisan di jalan lalu digabungkan dengan sentuhan musik yang menyenangkan.

Juga beberapa film pendek yang merupakan film pertama dari beberapa sutradara tenar, seperti Christopher Nolan, Martin Scorsese, David Cronenberg, Tim Burton, Michael Gondry, Wes Andersson dan David Lynch. Dari film - film itu kita akan jadi tahu karakter sebenarnya dari sutradara - sutradara tersebut. Dari awal, Nolan, Anderson, Gondry, Lynch dan Burton memang karakternya seperti itu, tidak ada perubahan, Beda dengan Scorsese, saya justru lebih menyukai dia ketika membuat film pendek.

Dibawah ini beberapa list preview untuk film - film yang saya sebutkan di atas.
  1. Running
  2. My Name is Lisa
  3. Nemesis
  4. This is the Place
  5. Doodlebug (by Christopher Nolan)
  6. The Big Shave (by Martin Scorsese)
  7. From The Drain (part 1) (By David Cronenberg)
  8. From the Drain (part 2) (By David Cronenberg)
  9. Vincent (By Tim Burton)
  10. Pecan Pie (with Jim Carrey by Michel Gondry)
  11. One Day..... (by Mihel Gondry)
  12. Bottle Rocket Short (part 1) (By Wes Anderson)
  13. Bottle Rocket Short (part 2) (By Wes Anderson)
  14. The Alphabet (By David Lynch)
Semua film ini memang linknya dari situs Youtube. Dan saya masih belum bisa untuk menguploadnya. Tapi setidaknya jika anda menggunakan software Idman, film - film diatas bisa di download langsung tanpa memakai keepvid.com dan segala macam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar