Pages

Minggu, 17 Januari 2010

Charlie Bartlet

Mengupas Sosok Remaja Mencari Jalan Hidupnya


Sutradara : Jon Poll
Pemain : Anton Yelchin, Robert Downey Jr, Hope Davis, Kate Dennings
Tag Line : When Charlie Bartlett listens everyone talks.


Awalnya saya tidak tertarik untuk menonton film ini. Tapi semenjak saya tahu Anton Yelchin menjadi aktor utama di film ini saya pun mencoba menonton film ini. Kenapa? Semenjak saya menonton akting dia di film Star Trek sebagai Chekov, saya pun penasaran seperti apakah peran dia sebelum bermain di film Star Trek. Walaupun di film ini ada nama besar, Robert Downey Jr.

Sebuah film arahan Jon Poll ini merupakan sebuah drama psikologi yang cocok untuk remaja yang mencoba mengetahui jalan hidupnya. Film ini memang banyak sekali pesan yang terkandung yang begitu menyindir tentang gaya hidup anak muda sekarang ini. Kita tahu bahwa ambisi yang selalu ada pada diri remaja adalah eksistensi, dan bagaimana cara mendapatnya, apapun asal eksistensi dia diperhatikan.

Anton, ternyata sangat pas sekali dalam memainkan peran itu, sebagai remaja yang membutuhkan eksistensi. Juga adegan ketika dia mabuk karena ritalin patut dipuji, karena akting itu begitu natural dan saya pun terbahak - bahak melihat kekonyolan Anton. Juga ketika Anton di hadapkan peran dari remaja berpikiran anak kecil dan berubah menjadi remaja berpikiran dewasa, kita akan merasakannya di ending filmnya.

Berbicara Robert Downey Jr. Mungkin sudah kodrat dia untuk memerankan orang yang putus asa dan tak ada harapan. Sebagai kepala sekolah yang tidak pernah di anggap oleh muridnya bahkan putrinya sekalipun. Dia dengan lihai memerankan itu. Garis muka dan emosi yang dikeluarkan pasti akan membuat kalian simpati dengan dia.

Mungkin karena selama ini Jon Poll lebih sering menjadi editor di beberapa film, menjadikan film ini pas dengan temponya. Yang saya maksud adalah, Jon dengan lihainya mengedit film ini dengan rapi sehingga tidak begitu terlihat monoton dan akan terasa enak untuk di ikuti film ini. Endingnya pun bagi saya sudah cukup, jika di tambah adegan lagi, akan merusak seni film itu dari awal.

Overal Rating : 7 / 10

Trivia :
- Lagu yang dinyanyikan Charlie Bartlet dengan Pianonya, "If You Want to Sing Out, Sing Out."milik Cat Stevens yang uniknya juga di pakai dalam film Harold and Maude (1971) film yang juga memakai tema anak orang kaya yang bermasalah.

Memorable Quotation:
"Well duh dude, this place sucks. But I just worry that one day we're gonna look back at high school and wish we'd done something different." - Charlie Bartlet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar