Pages

Selasa, 19 Maret 2013

Star Wars 7

Ada Apa Dengan George Lucas dan Disney?


Pertama mendengar berita bahwa George Lucas, The Father of Star Wars Saga akhirnya dijual ke Walt Disney Pictures membuat saya yang sebagai penggemar Luke Skywalker dkk merasa sangat kecewa. Kekecewaan ini melebihi dari prequel I - III yang meski hingar bingar dengan visual efek dan memunculkan plot hole yang kentara. 

Dengan penjualan yang sangat fantastis empat milyar dollar[1] , apa yang mendasari alasan George Lucas untuk menjualnya setalah sekian lama tidak ada lagi karya yang keluar dari karyanya? Dari beberapa artikel yang didapat, George Lucas mengatakan bahwa alasan dijualnya Star Wars franchise atas dasar ingin memberikan nuansa baru pada Star Wars. 

Ataukah mungkin Lucas melihat kesuksesan Star Trek yang dibuat kembali dari awal hingga menimbulkan wacana untuk mengikuti langkahnya, tapi ini bukanlah reboot melainkan sekuel! Apa lagi yang  mau diharapkan dari sekuel SW.  Keseluruhan plot SW adalah kisah lintas generasi Anakin dan Luke Skywalker, ketika Anakin akhirnya menjadi seorang Darth Vader, penguasa galaksi paling keji, dan kedua anaknya Luke dan Leia berjuang untuk menyelamatkan galaksi hingga Luke akhirnya behasil membunuh Vader yang notabene adalah ayahnya sendiri (dan ini menjadi twist yang cerdas) sudah selesai. Apalagi yang mau dikembangkan?
 
Yang uniknya adalah sebenarnya George Lucas sendiri tidak ada niatan untuk melanjutkan sekuel dahsyat ini sebelumnya. Komentar ini muncul sebelum perilisan The Phantom Menace di majalah Vanity Fair "I never had a story for the sequels, for the later ones," he told the magazine. "And also, I'll be to a point in my age where to do another trilogy would take 10 years."[2] Bahkan hal itu di pertegas kembali pada tahun 2008, lewat Majalah Total Film "I've left pretty explicit instructions for there not to be any more features. There will definitely be no Episodes VII–IX. That's because there isn't any story. I mean, I never thought of anything.
George Lucas bersama Bob Iger (CEO Walt Disney)

Dan akhirnya semua itu berubah ketika George Lucas menandatangani kontrak yang isinya menjual franchise SW bersama Bob Iger, CEO Walt Disney Pictures. Dalam kontrak itu, Disney akan membuat sekuel SW dari VII sampai IX ditambah mendapat donasi naskah untuk sekuel dari Lucas.

Belum hilang rasa shock akan berita itu, muncul lagi berita baru yang tak kalah mengejutkan, ketika akhirnya J.J Abrams di kontrak untuk menjadi sutradara SW VII. Dan dia notabene adalah sineas dari reboot Star Trek! Tidak tahukah kau Lucas, bahwa Trekkies (Fans Star Trek) adalah musuh dari fans SW. Ada apa ini? Semacam konspirasi kah?

Setelah kursi sutradara telah diisi, muncul isu berhembus bahwa Mark Hamill akan kembali sebagai Luke, meski dia disini akan seperti Obi Wan Kenobi dalam The New Hope, dimana dia hanya akan menyerahkan sabernya kepada generasi baru. Juga Harrison Ford dikabarkan akan kembali sebagai Han Solo beserta Carrie Fisher yang menjadi Leia. Sedangkan untuk siapa yang nantinya akan menjadi generasi baru masih simpang siur. Ada kabar, Chloe Grace Moretz, Milla Kunis, Michael Fassbender akan meramaikan sekuel ini.

Masih terngiang betapa kecewanya ketika menyaksikan The Phantom Menace, Attack of the Clones dan The Revenge of the Sith, meski akhirnya saya mengetahui seperti apa seorang Darth Vader sebelumnya, tapi tidak semengejutkan ketika mengetahui bahwa sebenarnya Darth Vader adalah ayah dari Luke di Return of the Jedi. Mungkin saya yang terlalu berlebihan menanggapi ini, tapi sebagai seorang fans besar pastinya akan merasa kecewa ketika sesuatu yang dirasa sudah cukup harus terus ditambah. May the Force be with you, George Lucas.

References :
[1] Then Lucas changed his mind. dari Total Film dalam mengulas kronologi produksi Star Wars
[2] Lucas didn't want anyone else to take over the franchise… dari Total Film dalam mengulas kronologi produksi Star Wars

Jika memang akhirnya terjadi... 

  • Bagaimana reaksi karakter Ted Mosby dan Marshall Erikssen dalam serial How I Met Your MOther menanggapi sekuel ini. Mereka digambarkan dalam serial ini sebagai fans garis keras SW dan menganggap SW I - III adalah kehancuran bagi hidup mereka.

  • Akan seperti apa ceritanya, musuh baru? Yang pastinya akan sangat hebat sekali untuk menjadikan galaksi kembali dikacaukan.


4 komentar:

  1. Honestly, saya sedikit senang sih Star Wars mau dibuat sequel, lebih semacam obat kerinduan. Cuma yg masih bingung. Ini mau dibat sequel dari Episode III, ketika Anakin mulai jadi Darth Vader. Atau Episode VI, yang Return of The Jedi ya?
    :

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut isue yang diberikan, film ini melanjuti dari The Jedi, itulah kenapa Mark Hamill (Luke), Harrison Ford (Han), Carie Fisher (Leia) akan kembali, dan posisi Luke disini seperti Obi-Wan Kenobi, yang hanya menyerahkan lightsaber nya ke another new hope of jedi..
      Seriously, I'll curse Lucas for this >.<

      Hapus
  2. Bermnafaat atas informasi yang telah disampaikannya

    BalasHapus